Jumat, 08 Mei 2015

Gula Darah Puasa (GDP)

Apa yang dimaksud gula darah puasa? Ada seseorang bertanya mengenai pengertian gula darah puasa.
Tanya :
Saya ingin mengetahui penjelasan pemerikasaan gula darah puasa yang sering dilakukan dan tes gula darah 2 jam sehabis makan. Berapa jumlah batas normal gula darah manusia, tinggi atau rendah? Apa ada dampak atau efek samping bila gula darah puasa tinggi? Apa keuntungan tes gula darah puasa baik sesudah puasa atau sesudah makanan. Makanan apa saja yang bisa membuat gula darah menjadi naik atau turun? Penyakit apa yang akan terjadi pada saat gula darah tinggi dan pada saat gula darah rendah?

Jawab :
Gula darah puasa adalah hasil tes gula yang dilakukan seorang yang dalam keadaan perut kosong karena puasa selama 10 jam dan tujuan dari puasa adalah karena pada saat puasa itu keadan gula darah pada saat paling normal namun kalau sudah makan nanti akan naik. Kadar gula darah puasa dianggap normal jika hasil tes gula darah di bawah 110, sedangkan gula darah 2 jam sesudah makan (G2PP) nilai normalnya antara 110 - 200, Nilai diatas adalah acuan seseorang terkena diabetes atau tidak. Bila diatas kadar normal maka terkena diabetes (Hiperglikemia) dan bila dibawah berarti kadar gula rendah (hipoglikemia). Kondisi hipoglikemia adalah sering menimpa orang yang gemar diet gula ketat sampai lupa bahwa tubuh juga butuh gula.

Biasanya seseorang yang sudah melakukan (gdp) lalu makan nasi, ubi dan kentang dan menunggu selama 2 jam lalu periksa lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar